Pengertian, Contoh, dan Manfaat Sampah Organik dan Anorganik

Pengertian, Contoh, dan Manfaat Sampah Organik dan Anorganik

Sampah Organik Dan Non Organik - Halo sob, di kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi nih tentang pengertian, contoh dan manfaat sampah organik dan anorganik dan ini adalah artikel pertama saya di kategori pendidikan. Sebelum kita langsung ke topik alangkah baiknya kita memahami dulu apa yang dimaksud sampah itu sendiri, Sampah adalah sisa - sisa pemakaian yang sudah tidak di gunakan lagi atau dipakai lagi oleh pemiliknya, Namun bukan berarti sampah tersebut tidak bisa digunakan lagi, apa kalian pernah mendengar kata R3 ? kalau gak ngerti akan saya jelaskan lagi apa itu R3.

R3 adalah sebuah singkatan dari Reduce, reuse and recycle (R3) yang nanti akan saya jelaskan diartikel berikutnya hehe. Nah sob kita balik lagi ke judul kita tadi dan berikut adalah rangkumannya :

Pengertian Sampah Organik dan Anorganik

  • Sampah Organik
    Pengertian, Contoh, dan Manfaat Sampah Organik dan Anorganik
    Sampah organik adalah limbah yang bersal dari sisa makhluk hidup (alam) seperti hewan, manusia, tumbuhan yang mengalami pembusukan atau pelapukan. Sampah ini tergolong sampah yang ramah lingkungan karena dapat di urai oleh bakteri secara alami dan berlangsungnya cepat. 
  • Sampah Anorganik
    Pengertian, Contoh, dan Manfaat Sampah Organik dan Anorganik
    Sampah Anorganik adalah sampah yang berasal dari sisa manusia yang sulit untuk di urai oleh bakteri, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama (hinga ratusan tahun) untuk dapat di uraikan. Biasanya berasal dari sampah industri.

Contoh Sampah Organik dan Anorganik

  • Sampah Organik
    Sampah organik adalah sampah yang sulit diurai yang contoh nya bisa seperti kotoran manusia dan hewan, sisa - sisa makanan manusia dan lain - lain
  • Sampah Anorganik
    Seperti pengertian tadi kita bisa menyimpulkan contoh dari sampah anorganik adalah seperti Plastik, botol minuman mineral, besi dari mobil bekas dan lain - lain

Manfaat Sampah Organik dan Anorganik

  • Sampah Organik
    Jenis sampah ini banyak manfaat nya seperti bisa membuat tanah menjadi subur karena bahan organik tadi yang mudah terurai oleh bakteri sehingga menjadi nutrisi bagi tanah itu sendiri, dan juga di beberapa daerah diindonesia sampah organik atau lebih tepatnya adalah kotoran hewan digunakan menjadi pengganti lpg dan listrik, ya katanya sih begitu sob, jadi kotoran tadi di masukkan ke dalam wadah besar yang tertutup rapat dan nantinya lama kelamaan kotoran tadi akan berubah menjadi gas yang bisa dimanfaatkan oleh manusia.
  • Sampah Anorganik
    Untuk sampah anorganik sih seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan saat ini jenis sampah ini digunakan untuk daur ulang seperti tas yang terbuat dari karung goni, dan juga minuman yang harga seribu itu yang bernama ...... yang di daur ulang menjadi tempat telur bagi yang akan melaksanakan cukuran iya gak ?
Nah sob sebenarnya segala di dunia ini ada manfaat nya asal kita bisa berfikir dan mempunyai sikap inovatif akan hal - hal baru, seperti tadi yang kotoran hewan digunakan menjadi pengganti lpg, kalau misal kita gak punya pemahaman akan proses nya pasti gak percaya akan hal itu namun itulah yang terjadi sebenarnya, maka dari itulah ilmu itu sangat penting sob.

Mungkin cukup sekian artikel saya kali ini yang membahas Sampah Organik dan Anorganik saya juga sudah kehabisan kata untuk artikel ini hehe. Oiya sob saya juga mau memperingatkan ada baiknya kita menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita ya agar penyakit juga jauh dari kita. Semoga kita semua dapat menjaga lingkungan hidup kita, sampai jumpa, thanks sudah mau berkunjung kemari...
Previous
Next Post »
24 Komentar untuk "Pengertian, Contoh, dan Manfaat Sampah Organik dan Anorganik"

menarik gan tentang penanggulangan sampah

iya gan, sampah emang seharusnya cepat di tanggulangi kalau gak bisa bahaya lama kelamaan hehe.. sampah tersebut akan semakin menumpuk

wah bahaya juga ya sampah anorganik kalau ga diolah didaur ulang bisa mpe ratusan tahun didalam tanah, info yang bermanfaat mas

Wah sekarang harus bisa memilah memilih nih, biar bisa bermanfaat. Jadi anak cucu terus sehat, ngga gampang kena penyakit

sangat bermanfaat sekali info tentang sampah organik dan anorganik

iya gan bener banget tuh :D

iya gan, biar juga lingkungan sekitar kita bisa tetap sehat..

bagus deh kalau artikel ini bisa bermanfaat gan (y)

Kalo sampah masyarakat termasuk yang mana nih wkwk;p btw, artikelnya keren gan sangat bermanfaat. sukses terus

haha kalau sampah masyarakat di buang aja jauh2 ke laut hehe..
terima kasih sudah mau mampir kemarin gan

Wahh ini pelajaran Ane dulu wkwk menariklah tentang smaph terulang lagi biar ingat

iya gan kalau ilmu mah gak apa kalau di ulang- ulang malah lebih bagus hehe

hehe klo sampah anorganik sih hanya bisa di daur ulang yaa..

Nice info gan, wawasan ane jadi nambah nih
terus posting yg bermanfaat ya gan :D

gak gan, solusinya adalah daur ulang ya karena sampah anorganik itu susah untuk terurai gan ga sama seperti sampah organik

bagus deh kalau artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat :D

ternyata sampah juga banyak manfaatnya

thanks gan jadi tau gua :)

Wah meskipun namanya sampah tapi masih ada kegunaannya juga yah baru tau saya.

bener banget tuh, sampah juga banyak manfaat nya sob

iya gan sampah itu masih banyak kegunaan nya jadi jangan sembarang buang sampah yah :D

Silahkan Komentar Tentang Artikel Ini,. Yang Kami Harapkan Kalian Bisa Berkomentar Mengikuti Peraturan
Seperti di Bawah ini

1. Harap Berkomentar yang Sopan
2. Dilarang Komentar Link Aktif, Karna Akan Di Anggap Spam
3. Komentar Sesuai ISI Artikel

Komentar Anda Akan Dilihat Banyak Orang, Jadi Keluarkan Lah Komentar Terbaik Anda

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By Kuncidunia - Redesign By Postingan Musa